Pengenalan Singkat Tentang Elko Dan ESR.

Dalam reparasi elektronik umum dan khususnya SMPS, Elko adalah komponen yang sangat sering rusak, bahkan mengakibatkan komponen lain rusak. Jadi, daripada mencoba untuk memahami sirkuit yang bahkan kita sama sekali tidak memiliki skemanya, ada sebuah metode yang baik, yaitu dimulai dengan mengetes semua Elko sebelum melakukan yang lainnya.

Mencabut semua elko dari PCB sangat merepotkan, jadi harus ada cara untukmengetes langsung pada rangkaian.
Sebelum melangkah lebih jauh,mari kita memahami sedikit tentang Elko.Kapasitor yang ideal hanya memiliki nilai Kapasitansi, tapi pada kenyataanya juga memiliki nilai Induktansi dan Resistansi. Kita akan mengabaikan Induktansi,dan kita akan berkonsentrasi pada Resistansi yang akan diringkas menjadi 2 :



1.      Equivalent Series Resistance (ESR). = Nilai tahanan seri pada kapasitor, satuannya Ohm.
2.      Equivalent Parallel Resistance (EPR). = Nilai tahanan paralel pada kapasitor, satuannya Ohm.

 Foto Radon Snave.
EPR menyebabkan kebocoran arus yang mengakibatkan panas pada kapasitor, dengan kata lain jika tahanan ini cukup tinggi maka kebocoran arus akan rendah.. Jika EPR turun, kebocoran akan meningkat. Ini bukan kerusakan umum pada Kapasitor, kecuali short dan EPR dropmendekati 0..
   ESR juga dapat menyebabkan Kapasitor panas sebagai akibat dari ripple arus dalam proses charges dan discharges pada Kapasitor. Parameter ESR menjadi spesifikasi yang lebih relevan dikarenakan Kapasitor yang diproduksi fisiknya semakin kecil (yangmenyebabkan ESR meningkat) dan ripple arus yang lebih tinggi pada SMPS.


SMPS bekerja pada frekwensi yang lebih tinggi dari rangkaian utama dan ini berarti dibutuhkan nilai kapasitansi yang lebih kecil, tapi ini juga berarti nilai ESR yang lebih tinggi dan lebih panas. Dan juga, secara fisik kapasitor diproduksi semakin lama semakin kecil, dan ini juga berarti peningkatan nilai ESR. Kapasitor yang panas akan cenderung menguap dan mengering dan menyebabkan meningkatnya nilai ESR. Ini akan menjadi sebuah reaksi berantai yang akan merusak Kapasitor.     Dengan memahami konsep ini, sekarang kita akan mengetes kapasitor. Berdasarkan intuisi, yang pertama kali yang ingin kita cek adalah nilai kapasitansi, tapi ini tidak penting karena mengukur ESR dapat memberikan indikasi yang lebih baik tentang kondisi sebuah Kapasitor, dan hal ini lebih mudah dilakukan karena diukur pada sirkuit. Jika Elko mulai mengering, ESR akan meningkat.  Sebuah Kapasitor dengan nilai kapasitansi yang benar tapi dengan ESR tinggi yang tidak normal akan sangat beresiko mengalami kerusakan, karena ESR yang tinggi akan mengakibatkan panas yang berlebih yang akan merusak kapasitor. Jika kapasitor telah kehilangan sebagian nilai kapasitansinya, normalnya ESR akan meningkat oleh banyak faktor.Jadi sekarang setidaknya jangan disamakan lagi antara Kapasitans Meter dengan ESR Meter.Yang diukur menggunakan Kapasitans Meter adalah nilai Kapasitansi.Dan yang diukur menggunakan ESR Meter adalah nilai Tahanan Seri.Semoga tidak terulang lagi kasus mau beli ESR Meter tapi yang didapat Kapasitans Meter.

3 Responses to "Pengenalan Singkat Tentang Elko Dan ESR."

  1. Mas,,,saya sedang memperbaiki tv polytron slim 21",kerusakannya ada pada bagian vertikal,,,layar bagian bawah nya tidak mau menutup semua,padahal layar bagian atasnya sudah mnutup penuh,,akibatnya tampilan gambarnya sperti pendek,,,mohon dibantu mas

    ReplyDelete
  2. Apa yang dimaksud dengan elco low impedance pak?.

    ReplyDelete
  3. Great job for publishing such a beneficial web site. Your web log isn’t only useful but it is additionally really creative too. 15kv 220pf

    ReplyDelete

Aturan berkomentar :

1. Penggguna yang terdaftar
2. Gunakan bahasa yang santun dan sopan
3. Dilarang SPAM
4. Dilarang menaruh link aktif dan link porno
5. Jika ada suatu permasalahan lihat komentar lain atau bisa kirim via e-mail